Selasa, 13 November 2012

OtoT SebaGai AlAt gErak akTif

        Otot mempunyai sifat mampu berkontraksi dan berelaksasi., sehingga dapat menggrakkan tulang, rambut dan kulit yang terdapat pada tubuh. Berdetaknya jantung untuk memompa darah dalam pembuluh darahpun hanya dapat berjalan jika ada kontraksi otot. Kemampuan otot yang demikian tidak terdapat pada organ lain, sehingga otot dikatakan sebagai alat gerak aktif.

1.   SYARAT TERJADINYA GERAK
          a.  propulsi, yaitu adanya rangsang penyebab gerak
          b. support, yaitu kegiatan otot sebagai respon terhadap adanya rangsang
          c. stabilitas, yaitu otot kembali ke bentuk semula

2.   KEMAMPUAN OTOT
          a. Kontraktibilitas, yaitu kemampuan otot mengadakan perubahan menjadi lebih pendek dari keadaan semula
          b. Ekstensibilitas, yaitu kemampuan otot mengadakan perubahan menjadi lebih panjang dari keadaan semula
          c. Elastisitas, yaitu kemampuan otot untuk kembali ke ukuran semula

3.    MACAM OTOT
   * Berdasarkan Jenisnya
          a. Otot skelet (otot lurik)
Otot ini tampak memiliki susunan berupa serabut-serabut panjang . Memiliki banyak inti yang letaknya di tepi. Dalam plasma terdapat miofibril yang berwarna gelap dan terang yang tersusun teratur. Oleh sebab itu, otot ini disebut otot serat lintang atau otot lurik. Otot ini disebut juga otot sadar, karena bekerja di bawah kemauan,kontraksinya cepat,tidak teratur dan mudah lelah.
          b. Otot polos
Sel-sel penyusun jantung otot polos berbentuk gelondong, di tengah-tengah sel terdapat inti disebut otot inti. Otot polos juga memiliki ciri yaitu aktivitasnya lambat dan tida mudah lelah, geraknya berada di bawah kendali saraf tak sadar(tidak menurut kehendak). Otot polos ini terdapat pada dinding-dinding penyusun organ-organ tubuh bagian dalam, antara lain lambung, usus , paru-paru, dan pembuluh darah.
          c. Otot jantung
Terdapat pada jantung. Strukturnya mirip otot skelet, yaitu tampak bergaris-garis melintang, tetapi bercabang-cabang. selnya memiliki sati inti letaknya di tengah. Cara kerjanya menyerupai otot polos, yaitu tidak dipengaruhi kehendak, kontraksinya teratur dan tahan kelelahan.
 

 *Berdasarkan Kerjanya
           a. Sinergis
yaitu otot yang bekerjanya saling membantu atau saling memperkuat. Contoh otot pronatr teres dan pronator kuadratus yang bekerja menelungkupkan telapak tangan.
           b. Antagonis
Yaitu otot yang bekerjanya berlawanan. Macamnya yaitu Supinasi >< pronasi (menengadah >< menelungkup) , abduktor >< adduktor (menjauhi>< mendekati) , ekstensor >< fleksor( lurus><bengkok), depresor >< elevasor( turun >< angkat).

* Berdasarkan Perlekatannya
           a. Origo
Yaitu bagian ujung otot yang melekat pada tulang yang tidak bergerak misal otot yang melekat pada tulang tengkorak.
           b. Insersio
Yaitu bagian ujung otot yang melekat pada tulang yang  bergerak misal otot yang melekat pada lengan bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar