Kamis, 08 November 2012

GAMETOGENESIS

            Gametogenesis adalah proses pembentukan gamet atau sel kelamin yang terjadi secara meiosis di dalam alat perkembangbiakan. gametogenesis terjadi pada organisme dewasa.pada hewan dan manusia gametogenesis terjadi di testis dan ovarium.Pada dasarnya gametogenesis pada hewan sama dengan gametogenesis pada manusia.

                      Gametogenesis meliputi spermatogenesis dan oogenesis.

1. Spermatogenesis
 
gambar 1.1 diagram spermatogenesis

              spermatogenesis merupakan proses pembentukan sperma di dalam testis. Awalnya sel primordial mengalami pembelahan mitosis berkali-kali membentuk sel spermatogonium.sel spermatogonium (sel induk sperma) selanjutnya mengalami perkembangan dan membentuk spermatosit primer.Sel tersebut kemudian mengalami pembelahan meiosis I membentuk dua spermatosit sekunder. Dua sel itu mengalami pembelahan meiosis II membentuk empat sel spermatid. Sel spermatid kemudian berkembang menjadi sperma.


       2.  OOGENESIS

  

                 Oogenesis merupakan proses pembentukan ovum di dalam ovarium. Oogonium(sel induk telur) mengalami perkembangan membentuk oosit primer. Oosit primer membelah pada tahap meiosis I membentuk oosit sekunder (sel berukuran besar) dan polosit atau badan kutub primer(sel berukuran kecil). Badan kutub primer membelah membentuk badan kutub sekunder, tetapi biasanya sudah mengalami degenerasi sebelum membelah. Pembelahan oosit sekunder menghasilkan ootid dan badan kutub sekunder. Selanjutnya badan kutub sekunder mengalami degenerasi dan ootid berkembang membentuk ovum.



3. MIKROSPOROGENESIS

 
          Proses pembentukan gamet jantan pada alat kelamin jantan tumbuhan disebut juga mikrosporogenesis. mikrosporogenesis terjadi di dalam kepala sari dan menghasilkan serbuk sari. Dalam kepala sari terdapat mikrosporosit(sel induk mikrospora). Mikrosporosit mengalami pembelahan meiosis I , dilanjutkan dengan pembelahan meiosis II membentuk empat mikrospora yang disebut tetrad. Pada perkembangan selanjutnya , keempat mikrospora terpisah satu sama lain membentuk serbuk sari. Inti serbuk sari mengalami mitosis membentuk inti vegetatif dan inti generatif. Pada Angiospermae ,inti generatif membelah membentuk dua inti sperma. Dengan demikian, serbuk sari ang telah masak menagndung tiga inti haploid.



4. MAKROSPOROGENESIS

 
Gambar 1.4   megasporogenesis
           Proses pembentukan gamet betina pada alat kelamin betina tumbuhan disebut juga megasporogenesis.Megasporogenesis terjadi di dalam bakal buah atau movarium dan menghasilkan megaspora. Sel induk megaspora mengalami pembelahan meiosis I dan meiosis II membentuk empat sel megaspora haploid. Pada Angiospermae , hanya satu sel megaspora yang fungsional dan tiga lainyya mengalami degenerasi. Selanjutna sel megaspora yang fungsional tersebut mengalami tiga kali kariokinesis menghasilkan delapan inti haploid. Selanjutnya, dari delapan inti tersebut, tiga inti di mikrofil membentuk dua sel sinergid dan satu sel telur, dua inti di tengah membentuk sel kutub , serta tiga inti di kalaza membentuk tiga sel antipoda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar