Jumat, 16 November 2012

mAnfaAt baWang pUtiH

           Benda yang Berwarna putih yang sudah tak asing lagi bagi ibu ibu yang gemar berada di dapur, Bawang Putih menjadi salah satu sahabatnya setiap hari. Bawang Putih merupakan rempah-rempah atau bumbu dalam masakan selain itu, Bawang putih sangat berperan penting dalam dunia kesehatan, karena sedah sejak dulu manusia menggunakan bawang putih sebagai bahan pengobatan.


              Mengapa bawang putih ramuan kesehatan besar? Ini memiliki senyawa kimia  allicin  yang merupakan bahan  terapi untuk obat. Senyawa allicin mengandung belerang, yang memberikan bawang putih baunya menyengat dan aneh. Manfaat kesehatan dari bawang putih  tak terhitung banyaknya. seperti membantu melawan penyakit jantung, melawan dingin, batuk, menurunkan tingkat tekanan darah.

Bawang putih adalah tanaman tertua berbagai obat atau rempah-rempah yang ada. Manusia mengakui kualitas kuratif ramuan ajaib sejak lebih dari 3000 tahun. Sir Louis Pasteur, penemu penisilin dimanfaatkan secara efektif anti-bakteri kualitas bawang putih cara kembali pada 1858. Perang Dunia medis digunakan ahli bedah manfaat kesehatan dari jus bawang putih sebagai anti-septik untuk mengobati luka-luka perang. Bawang putih mengandung mineral berguna seperti fosfor, kalsium dan zat besi . Mineral jejak seperti yodium, sulfur dan klor juga hadir dalam cengkeh di samping senyawa seperti allicin, allisatin1 dan 2.

Beberapa Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan
  • Diabetes: Diabetes bisa membahayakan ginjal, fungsi sistem saraf, menyebabkan gangguan jantung dan bahkan menyebabkan penglihatan rendah. Minyak yang diekstrak dari bawang putih dapat membantu pasien diabetes.
  • Kadar kolesterol tinggi: Bawang putih, kaya allicin kompleks yang efektif dalam mencegah oksidasi kolesterol LDL . Semua orang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi harus menyertakan bawang putih dalam makanan mereka sehari-hari.
  • Hipertensi: Ini adalah bahan herbal untuk menyembuhkan hipertensi. Ketika terkena tekanan darah tinggi, allicin dalam bawang putih hadir melemaskan pembuluh darah. Bawang putih juga dapat melawan trombosis dengan mengurangi agregasi trombosit.
  • Pencernaan: dimasukkannya  bawang putih dalam makanan sehari-hari membantu dalam menghilangkan masalah pencernaan. Bawang putih membantu dalam fungsi normal dari usus untuk pencernaan yang baik. Bahkan setiap pembengkakan atau iritasi dari saluran lambung dapat disembuhkan dengan pengobatan bawang putih. 
  • Perawatan mata: Bawang putih kaya nutrisi seperti Selenium, Quercetin dan Vitamin C yang membantu mengobati infeksi mata dan pembengkakan.
  • Earache: bawang putih digunakan untuk mengobati sakit telinga , karena memiliki sifat antivirus, antijamur dan antibiotik beberapa. Minyak bawang putih dapat dibuat di rumah sendiri, dengan memeras jus cengkeh bawang putih dan menambahkannya ke minyak zaitun . Campuran harus disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari.
  • Masalah pencernaan:  mengatasi sebagian besar masalah usus seperti disentri, diare dan radang usus besar. Perannya adalah membunuh cacing. Ini tidak mempengaruhi fungsi organisme berguna dalam usus, yang membantu pencernaa.
  • Dingin: bawang putih mentah digunakan untuk mengobati dingin dan batuk. jika udara sangat dingin, Anda harus makan setidaknya dua siung bawang putih, dengan demikian akan membantu dalam mengurangi penyakit dingin Anda
  • Luka yang terinfeksi: Bawang putih dapat ditempatkan pada luka yang terinfeksi untuk pengobatan herbal. bawang putih  harus dicampur dengan tiga tetes air , daripada digunakan dalam bentuk mentah, langsung dapat mengiritasi kulit.
  • Jerawat: sebagian besar orang-orang  di dunia menderita dari ingin menghilangkan bentuk jerawat . Bawang putih dapat digunakan bersama dengan bahan lain seperti madu , krim dan kunyit untuk mengobati bekas jerawat dan bahkan mencegah pertumbuhan jerawat. Bawang putih bertindak sebagai pembersih dan antibiotik untuk kulit.
  • Asma: rebusan bawang putih memberikan keajaiban pada pengobatan asma. Setiap malam sebelum tidur, segelas susu dengan 3 siung bawang putih direbus dapat membantu pasien tersebut. Serangan asma dapat dikendalikan dengan  siung bawang putih yang dihancurkan dengan cuka malt.
  • Masalah seksual: Bawang putih memiliki sifat afrodisiak, yang bisa dimanfaatkan sebagai peremajaan seks yang mujarab. Manfaat kesehatan dari bawang putih adalah untuk meningkatkan kecakapan libido baik pria & wanita. Orang yang overindulge aktivitas seksual harus mengambil bawang putih dalam bentuk makanan atau suplemen untuk melindungi diri mereka dari kelelahan saraf .
  • Kanker: secara umum  asupan bawang putih mengurangi resiko kanker usus besar, lambung dan esofagus . Hal ini membantu dalam mengurangi produksi senyawa karsinogenik. bawang putih  juga mengurangi terjadinya tumor dan kanker payudara .

             Manfaat kesehatan dari bawang putih dijaga berabad-abad yang lalu oleh umat manusia. Bawang putih sangat efektif bila dimakan mentah-(dihancurkan atau cincang). Hanya satu siung per hari dapat membawa kemajuan besar dalam kesehatan Anda. 2 sampai 3 siung bisa mencegah serangan flu biasa. Bawang putih  harus digunakan dalam memasak agar mendapat manfaaat lebih. Tapi, mengambil bawang putih terlalu banyak juga tidak terlalu bagus karena dapat menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan.  

             Bawang putih bisa  digunakankan sebagai bagian dari diet normal dan sehat, hal ini tidak perlu digunakan sebagai alternatif. Satu-satunya kelemahan  bau menyengat dan rasa yang meninggalkan aroma buruk, tetapi bawang putih adalah anugerah obat bagi umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar