Kamis, 15 November 2012

RespiRasi AerOb

   A. Respirasi aerob
       Respirasi aerob merupakan respirasi yang memerlikan oksigen. Proses respirasi aerob mengubah energi kimia yang terkandung dalam sari makanan menjadi energi kimia yang tersimpan dalam ATP.Berdasarkan jalur reaksinya ,respirasi aerob dibedakan menjadi dua macam:

1. respirasi arob melalui jalur siklus krebs
       Respirasi aerob melalui jalur siklus krebs memiliki empat tahap,yaitu:
A. GLIKOLISIS
       Glikolisis merupakan proses penguraian glukosa tanpa menggunakan oksigen. Proses tersebut terjadi di dalam sitosol. Dalam glikolisis, dari satu molekul glukosa akan dihasilkan 2 asam piruvat, 2 NADH, dan 2 ATP.
Asam piruvat selanjutnya memasuki tahap dekarboksilasi oksidatif di dalam mitokondria.

B. DEKARBOKSILASI OKSIDATIF
     Pada organisme eukariotik, dekarboksilasi oksidatif berlangsung dalam matriks mitokondria.adapun pada organisme prokariotik tahap tersebut berlangsung dalam sitosol.Pada tahap ini asam piruvat diubah menjadi asetil Co-A . Hal ini terjadi setelah asam piruvat bergabung dengan Co-Enzim A. Proses tersebut menghasilkan NADH dan melepaskan karbondioksida.

C.SIKLUS KREBS
           Siklus krebs terjadi di dalam matriks mitokondria. Siklus krebs berfungsi menghasilkan energi dan berbagai senyawa antara. Senyawa-senyawa antara tersebut berfungsi untuk sintesis senyawa lain. Hasil akhir dari siklus krebs dari 2 Asetil Co-A yaitu 4CO2 , 2ATP, 6 NADH, dan 2 FADH2. perhatikan skema berikut:
 

D. SISTEM TRANSPOR ELEKTRON
             Sistem transpor elektron terjadi di membran dalam mitokondria. Tahap ini berfungsi mengoksidasi NADH atau NADPH2    dan FADH2 dari tahap-tahap sebelumnya. Pembentukan ATP dalam sistem transpor elektron terjadi melalui reaksi fosforilasi oksidatif. Oksidasi 1 NADH dapat menghasilkan 3 ATP, dan oksidasi 1 FADH2 menghasilkan 2 ATP.Pada organisme eukariotik oksidasi NADH dan FADHterjadi dalam membran mitokondria, namun NADH hasil glikolisis di bentuk di dalam sitosol. Akibatnya, NADH tersebut harus dimasukkan ke dalam mitokondria. Pemindahan 2 NADH hasil glikolisis tersebut memerlukan 2 ATP. Dengan demikian , jumlah total ATP yang dihasilkan sebanyak 36. Sementara itu organisme prokariotik tidak memiliki mitokondria. Dengan demikian, pengurangan ATP untuk pemindahan NADH dalam mitokondria tidak terjadi. Jadi, jumlah total ATP yang dihasilkan sebanyak 38. 


2 komentar: