Senin, 19 November 2012

kEajaiBan jAnin sAat dAlaM kaNdunGan


Keajaiban janin saat masih berada di dalam kandungan sangat menakjubkan. Dimana janin sudah memulai proses pembelajaran sejak dalam kandungan seorang ibu.

Berikut 7 keahlian-keahlian janin yang sudah dimiliki sejak dalam kandungan menurut Fred J. Schwartz. MD, ahli anestesi dari Pietmont Hospital Atlanta, Georgia.

1. MENGHISAP JEMPOL

1-isap-jempol.png

              Keahlian menghisap jempol ini sudah dimulai sejak minggu ke-19 karena otak janin telah mencapai jutaan saraf motorik, sehingga ia mampu membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol. Refleks isap ini membantu saat bayi sudah dilahirkan, sehingga sang ibu tidak perlu lagi memaksakan untuk menyodorkan puting.

2. BERENANG

2-berenang.jpg

            Janin sedang senang-senangnya berenang air ketuban diusia kehamilan 20 minggu. Saat ini janin sedang membuat gerakan-gerakan aktif yang dapat dirasakan ibu. Mungkin karena panjangnya baru separuh dari panjang lahir dan beratnya baru sekitar 340 gram, sehingga ia masih punya banyak ruang untuk berenang.

3. CEGUKAN

3-cegukan.jpg

                Saat hamil terkadang seorang ibu merasakan gerakan continu di satu bagian perutnya. Hal ini biasanya dirasakan sejak usia kandungan menginjak minggu ke-25. Ini menandakan janin sedang melatih pernafasan. Saat ini janin menghirup dan mengeluarkan air ketuban. Ketika air ketuban yang dihirup terlalu banyak maka ia akan refleks cegukan.

4. MENDENGAR
4-mendengar.jpg

             Janin sudah dapat mendengar suara ibunya dan suara orang lain disekitarnya. Saat melakukan USG 4 dimensi, selain memeriksa kelengkapan organ tubuh, dokter juga akan meminta janin melakukan sesuatu dan melihat respon si janin. Misalnya ketika janin sedang menunduk, ketika dokter meminta ia menegakkan kepala ternyata janin bisa mengikuti perintah. Jadi, seorang ibu yang sedang mengandung sebaiknya berhati-hati dalam berkata-kata, karena janin dapat mendengar ketika ibunya sedang marah-marah. Hal ini terbukti dengan reaksi perut yang langsung mengencang.

5. MEMBEDAKAN TERANG DAN GELAP

5-membedakan-cahaya.jpg

          Beberapa penelitian menunjukkan bahwa janin sejak dalam kandungan 27-28 minggu sudah bisa membuka matanya, sehingga sudah dapat membedakan antara gelap dan terang. Hal ini dapat terlihat ketika seorang dokter menempelkan senter di perut, ia bisa melihat cahaya yang masuk melalui dinding rahim. Bahkan janin bisa mengedipkan mata jika cahaya terlalu silau.

6. MENGEKSPRESIKAN DIRI

6-expresi-janin.jpg

           Sejak dalam kandungan ternyata janin sudah bisa mengekspresikan diri sesuai dengan apa yang dirasakan ibunya. Jika ibunya sedang dalam bahagia, duduk santai sambil mendengar musik maka janin juga merasakan kebahagian tersebut sehingga ia akan tersenyum. Sebaliknya jika ibunya stress, maka ia akan mengernyitkan dahi.

7. BELAJAR DUA BAHASA
7-belajar-bahasa.jpg

         Ternyata janin di dalam kandungan bisa belajar memahami bahasa yang sering ia dengar, bahkan hingga dua bahasa sekaligus. Kemampuan ini terbawa hingga ia lahir. Dalam sebuah penelitian yang dimuat di Pchological Science, bayi yang terbiasa mendengar dua bahasa selama dalam rahim ibunya, kelak akan lebih mudah belajar dua bahasa. Hal ini juga sesuai dengan hasil penelitian psykolog dari Universitas of British Colombia dan Organization Econonic Cooperation Development di Perancis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar