Senin, 12 November 2012

KROMOSOM

            Kromosom adalah struktur padat yang terdiri atas dua komponen molekul yaitu protein dan asam nukleat. Kromosom terdiri dari benang-benang kromatin yang mudah menyera warna. Kromosom mudah diamati menggunakan mikroskop saat sel mengalami pembelahan pada tahap metafase. Struktur kromosom tampak seperti ini:

            Kromatid adalah salah satu dari dua lengan hasil replikasi kromosom. Kromonema merupakan benang-benang spiral kromatid yang terlihat selama profase atau kadang-kadang terlihat pada tahap metafase. Kromomer dalah struktur berbentuk manik-manik yang merupakan akumulasi materi kromatin yang kadand-kadang terlihat saat interfase.
                 Sentromer adalah bagian yang menyempit atau daerah pelekukan pada kromosom. Pada sentromer terdapat kinetokor. Kinetokor adalah bagian kromosom yang merupakan tempat melekatnya benang-benang spindel selama pembelahan inti. Satelit adalah bagian ujung kromosom yang berbentuk bulat.Tidak semua kromosom punya satelit . Telomer adalah bagian terujung kromosom yang berfungsi untuk menjaga agar DNA di daerah tersebut tidak terurai.

Berdasarkan letak sentromernya, ada empat macam kromosom sebagai berikut:

 
a. telosentris         : sentromer terletak di ujung kromosom
b. Akrosentris       : sentromer terletak di subterminal kromosom
c.  Submetasentris: sentromer terletak di submedian kromosom
d.  Metasentris      : sentromer di tengah kromosom

          Dalam setiap sel tubuh , kromosom selalu berpasangan. Pasangan kromosom itu disebut kromosom homolog. Kromosom homolog bersifat diploid karena terdiri atas dua set kromosom. Kromosom dalam sel kelamin tidak berpasangan sehingga bersifat haploid(1 set kromosom).

Ada dua tipe kromosom dalam setiap sel tubuh,yaitu genosom dan autosom.

a.  Autosom(kromosom tubuh), tidak menentukan jenis kelamin dan umumnya disingkat A
b.  Genosom(kromosom seks), menentukan jenis kelamin dan terdiri atas kromosom X dan Y. Gonosom ini berfungsi untuk menentukan jenis kelamin individu yang bersangkutan. Apabila dalam tubuh individu terdapat kromosom XX maka individu tersebut berjenis kelamin perempuan atau betina. Sebaliknya, jika dalam satu tubuh individu terdapat kromosom XY maka individu tersebut berjenis kelamin pria atau jantan. 

            setiap sel nukleus manusia mempunyai kromosom berjumlah 46 yang terdiri atas 44 autosom dan 2 gonosom. Penulisan simbol kromosom pada laki-laki = 22AA+ XY atau 44 AA+XY, sedangkan pada perempuan= 22AA+XX atau 44A+XX. Jumlah kromosom pada sel telur yaitu 22A+X dan jumlah kromosom pada sperma yaitu 22A+X atau 22A+Y. Pnyusunan kromosom berdasar panjang, jumlah, dan bentuk kromosom disebut kariotipe. Hasil pengaturannya disebut kariogram.
 
kariogram laki-laki

kariogram perempuan


2 komentar:

  1. adakah suatu metode atau teknologi untuk menambah jumlah kromosom pada tubuh manusia???

    BalasHapus
  2. tidak ada,,,,
    jumlah kromosom pada lakhluk hdup it bersfat ttap,,,,

    BalasHapus